SUMBANGAN CHINA DAN INDIA
(LAHIRNYA INDOCINA)





WELL PUTRA HERMAN  1010712014

JURUSAN ILMU SEJARAH
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS ANDALAS
2011










SUMBANGAN CHINA DAN INDIA
(LAHIRNYA INDOCINA)
                Peristiwayang terpenting yang menentukan seluruh masa depan indocina adalah kedatangan cinadan india yang berurutandi wilayah itu dan pengaruh yang disebarkan kedua kebudayaan di wilayah tersebut, Cina akan mencaplok tokin begitu saja dan memaksakan kebudayaannya secara paksa dan membinasakan masa lalu. Akhirnya, negeri itu diubah menjadi suatu propinsinya, yang hampir tidak bisa dikenali lagi diantara sekian banyak propinsi yang lain diantara kemaharajaan yang luas itu. India hanyalah menyentuh sambil lewat pantai selatan Indocina dan tak lama kemudian pergi lagi dari situ. Selama persinggahan singkat,penduduk yang ditarik dari keterpencilannya mengembangkan diri dengan budayanya untuk membina banyak kebudayaan baru tak lama kemudian,yang cepat sekali menjadi orisinil. Dengan demikian kedua-duanya membentuk stuktur ganda Indocina.

PENJAJAHAN CINA
Tradisi tulis Vietnam dibuat agak terlambat. Pada awal masa sejarahnya disebut-sebut dua kerajaan yang melukiskan dengan sangat baik pembentukan bangsa itu,walaupun sebagian merupakan dongeng. Yang pertama adalah kerajaan Xich-quy,yang membentang di utara sampai Sungai Biru dan dimana kepribadian Vietnam terbina atas dasar unsur-unsur kelompok orang Austronesia yang makin dipengaruhi kelompok orang Mongoloid.
 Pada waktu itu,ketika berangsur-angsur terjadi ekspansi demografis dan perkembangan budaya di dataran-dataran rendah Sungai Kuning dan Sungai Yang-tseu-kiang,banyak orang Cina asli turun kea rah selatan. Secara grafis besar pada periode Dong-son.laporan-laporan sejarah menyebut kerajaan Van-lang yang berpusat di Tonkin sekarang dan yang mungkin merupakan pemukiman kelompok orang Vietnam yang sesungguhnya.
                Antara tahun 257 dan 208 SM, akhirnya, ddapat di catat penerinytahan pertamayang pasti, yakni pemerintahan An-Duong-Vuong, penguasa kerajaan Au-lac yang ibukotanya Co-loa (phuc-yen)  telah ditemukankembali. Ibukota itu merupakan benteng yang terbuat dari tanah dan mengandung puing-puing bangunan besar-besar, yangsayangnya, masih belumdigali.Mungkin disitu pernah berkembang suatu budaya Dong-son, yang boleh jadi sudah amatdi pengaruhi cina. Memangsejaktahun 214 SM, Tsin Cheu-huang-ti, pemersatu negeri Cina, telah menaklukan bagian utara Tonkin yang sekarang untuk membentuk tiga buah wilayah militer disitu, yang betul-betul merupakan daerah perbatasan kemaharajaan.
Akhirnya pada tahun 111 SM, jendral china lou po-to menhancurkan semua bekas-bekas kkerajaan vietna dan Tonkin di integrasikan kedalam propinsi Gio-Chi yang besar sekali dengan ibukota Kanton. Walaupun pernah terjadi pemberonytakan yang berhasilnya tiddak berlangsung lama seperti pemberontakan anak-anak perempuan keluarga Trung pad atahun 39 – 43 M atau pemberontakan Ly-Bon pada tahun 544 M , Tonkin tetap menjadi wilayah Cina sampai taun 1938 M.

PENANAMAN PENGARUH CINA
Orang-orang cina manaklukkan orang Vietnam, dan lebih dari itu mereka membentukorang jajahannya itu sesuai dengan gambaran mereka sendiri, yang terjadi hanyalah perpanjangan proses yang telah dimulai sejak lama dan membentuk Cina : Suksesnya terutama ditentukan oleh superioritas kebudayaan Han yang sangat menonjol.
                Organisasi negeri iru diatur seperti Cina : Propinsi, wilayah militer, wilayah kepolisian membentuk struktur administrasi dimana kekuasaan bahkan yang paling tinggi, sering kali dipercayakan kepada orang-orang setempat, namun dijalankan menurut peraturan-peraturan Cina dan semuanya berasal dari maharaja, penguasa tertinggi. Mengingat bahwa bahasa tertulis merupakan wadah pikiran dan sarana mutlak ilmu pengetahuan , pengaruh Cina begitu mendalam hingga tetap berthan, selalu dalam keadaan hdup sampai abad ke-19.
                Kemajuan lain yang menadasar adalah penguasaan tanah.orang-orang dong-son harus bepuas sendiri atas dataran-dataran rendah atau dataran rendah tepi laut  atau tanah-tanah yang menonjol dari deltan yagng berada di sungai. Mereka melakukan hal itu berangsur-angsur sambil menbangun “koloni “ hunian seperti orang romawi. Demikianlah maka pengaruh cina meluas berkat keteladanan  dan kekuatan, dengan pedang dan bajak, tepat sperti orang romawi menaklukkan eropa.
                Akibat bangsa sebagai akibat kesatuan politik tidak ada, sebagaimana halnya, untuk sebagian pada kebudayaan yang tulen,. Sebaliknya kelebihan adalah kelebihanyang hebat dan ekspansi yang kuat danluar biasa, pada sejarah Vietnam bukanlah sejarah dinasti atau gerakan pemikiran-pemikiran yang besar , tapi sejatera bangsa sedikit demi sedikitbangkit untuk mengembangkan wilayah fitalnya.
Tanpa berhenti bangsa itu mengembangkansel-sel yang baru di setip dataran rendah dalam setiap tanah yang cocok untuk bercocok tanam. Para perintis di perkuat oleh pasukan pemerintah pusat, sehingga menjadikan kerajaan itu sebagai kumpulan komunitas kecil yang secara poitik  berdiri sendiri akan tetapi memiki homogenitas social yang tinggi. Seperti kerang raksasa yang membentuk atolnya sedikit demi sedikit dan mengepung suku yang tertingal dari segala arah.








PERTANIAN CINA DI TONKIN
                Kesulitan yang dialami oleh asimilasi dan kenyataan hwa Tonkin tidak memiliki kekayaan yang banyak daro propinsi yang lainnya, sehingga Tonkin menjadi tidak dapat perhatian dari maharaja  sehingga Tonkin menduduki tempat terendah di bandingkan dengan wilayah yang lainnya yang diaggap perbatasan yang tidak memiliki budaya.
Disamping itu penanaman pengaruh cina begitu kuat hingga keseuruh bidang sehingga pengaruh budaya lain terhapus, terutama kebudayaan yang diciptakan Dong-Son dengan kepribadianyang mantap. Jadi tidak diherankan bahwa ditemukannya karya yang di jiwai dan begaya cina di Tonkin sampai abad ke10 M,Tonkin menjiplak senua yang berada di kerajaan karena Tonkin merupkan sebuah propinsi Tonkin menjiplak semua yang berada pada kemaharajaan yang terus menerus di kembangkan pada periode berikutnya.

PENTINGNYA PENGARUH CINA
                Dampak pengaruh cina di Tonkin hanyalah memperbesar kerajaan maharaja tengah. Namun hal itu perlu di tonjolkan bhwa pengaruh cina telahmenyebarkan pengaruh yangkuat dlam evolusi terutama di Indocina. Dengan kekuatan sedikit demi sedikit orang vietnam  kacung peradaban itu akan maju ke semenanjung itu , mengasimilasikan serta menghancurkan kelompok yang berpengaruh di india. Kehadiran cina juga berpengaruh pada peradaban-peradanbaru yang muncul di dataran tersebut, memang bias akita mendengar bahwa kemajuan di semenanjung itu disebabkan oleh letaknya yang strategis antara tempat pemberhentian cinadan india.
                Untuk hal itu penaklukan Tonkin merupakan langkah utama yang sangat berpengaruh pada penuntasan penyebaran pengaruhnya di wilayah cina bagian selatan, yang hanyalah mereka merupakan yang kuatmenetap di canton, dengan seribu pelabuhan yang snagatmenyenang kan. Akhirny onkin menjadi tempat perkembangan agama budha yang kuat dengan perantaraan pengungsi cina yang datang ke daerah bitu untuk membebaskandiri dari kekacauan politik  yang terjadi oleh tiga buah kerajaan , lalu denga biarawan-biarawan yang didatangkan dari Sogdiane, Buddhisme,menetap di Vietnam antara abad ke -3 M dan abat ke- 4 M,dan berkembang disitu.






EKSPANSI INDIA
                Kebalikandari sistim penaklukan cina, pengaruh ini disebarkan secara damai  tanpa terasa dampak yang jelas namun tetap berkembang dan meluas dalam masarakat. Berasebaran ini mempunytai hasil yang gemilang yang dapat makmur selamaklima belas  abad lamanya,yangdapat disamakan dengan itu hanyalah penyebaran helenisme di wilayah laut tengah.

ALASAN ALASAN EKSPANSI INDIA
                Semangat nasionalisme agama budha seringkali dijadikan sebagai acuan dalam perkembangan itu, budhisme yang menganut sistim filsafat universalis yang mnginginkan pembebasan manusia tanpa adanya kasta lagi dalam setiap kehidupannya manusia itu sendiri. Pada awal tahun masehi ia mendapat sukses yang gemilang di pantai tenggara india, mengagumkan amarwati yang bearasal dari srilangka. Banyak dintara mereka beragama budha dan banyak diantara mereka juga menyebarkan agama itu dengan sendirinya.
penemuan arkoelogi yang  baru-baru ini juga memaparkan mekanisme sejak zaman ptomeleus dan melaui iskandariah melalui jalan sutra atau laut.tak kala kekaisaran romawi yang yang dimulai pada kekaisaran augustus mendapat giliran untuk menjaga gerbang harta takternilai itu sehingga tidak tau lagi bagaimana car mengahamburkan emas yang telah di rampas dari bangsa  barat. Demikianlah maka hubungan dangang antara yang diromawikan dan india. Terutama wilayah tamil yang mempunyai pelabuhan besar, yang paling terkenal adalah arikamendu.

MODALITAS EKSPANSI INDIA
Sebagai pedagang yang ulung hanyalah melihat india secara mistik yang terfokus pada Brata- dan pelut yang kuat, sehingga mereka meminta biaya masuk yang tinggi sehingga plinus tua mengeluh tetangpengeluaran devisa yang begitu banyak oleh roma yang dahsyat seperti pendarahan. Perjalan ke timur jga diatur oleh musin angin yang di ikuti oleh angin barat yang kemudian diikuti oleh istirahat setahun penuh.
Sebagaiorang india mereka melaukan perdagangan dengan cara mereka sendiri, dengan berbekal seluruh cara hidup mereka yang harus bertahan sampai musim hujan berikutnya dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mereka membuat persawahan di dataran rendah atau delta-delta. Orang indocina seperti orang yunani lainnya berhenti ketika mengarungi laut tengah untuk menyemai bijih gandum dan baru dapat berjalan jika kapal-kapalnya telah penuh.


Para penduduk berbndong-bondong datang ke tempat dimana kebudayaan lebih tinggidari kebudayaan mereka sendiri, mereka melakukan barter untuk mendapatkan apa yang mereka mau sehingga mereka hanya tinggal mengikuti dan memungut bahan yang mereka rasa tidak berguna untuk di tukar dengan barang yang mereka mau atau produk yang berharga sehingga berguna dalam kehidupan mereka, perkawinan orang india dengan warga setempat yang berpengaruh pada beberapa pendatang yang terpelajar semua itu dengancepat mengasilkan peleburan total dan serasi karena di terima dengan baik.

PENYERAPAN KEBUDAYAAN INDIA
Demikianlah cara penterapan budaya india menyuburkan seluruh pantai selatan indocina (annam-semenanjung melayu) dari delta sungai annam sampai  Mekong, dari sekoah-sekolah itu kita ingat bahwa waktu india, dengan cina dan roma,merupakan tiga pusat utama kebudayaan manusia –pendduduk indocina selatan sampai mempelajari ulau-pulau tersebut sampai lebih jauh, pulau-pulau itu konon memeiliki rempah-rempah yang lebih banyak dan sering dikunjungi oleh orang india.
Demikianlah bahwa inndocina relah dapat pelajaran dari guru-guru yang tidak ada bandingannya, cina dan india telah mematrikan citranya disitu yang tidak pernah akan luntur, cina telah lansung mencokol serta perkembangan poitik untuk masa yang akan datang di seluruh semenanjung tersebut . di sebelah selatan india yang lewat tanpa kembali lagi dan dengan sikap tidak perduli lagi meninggalkan kebudayaan yang cukup tinggi, maka semenanjug tersebut dapat memakai nama yang dengan cerdik sekali diciptakan olehnya Malte-Brun : Indocina.
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign